Menperin: Cloud Computing Infrastruktur Utama Industri 4.0

  • 13 Apr 2019 16.36 WIB
  • dilihat 0 kali

Foto Bersama - Making Indonesia 4.0 Conference

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa Cloud Computing merupakan infrastruktur utama dalam revolusi industri 4.0. Pernyataan tersebut dikatakan Airlangga dalam sambutannya pada acara Making Indonesia 4.0 Conference di Gedung Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta pada 24 Oktober 2018. Acara ini diselenggarakan oleh Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian.

"Teknologi Cloud Computing akan menyokong layanan lain seperti Big DataInternet of ThingsArtificial IntelligenceMachine LearningBlockchain, dan sebagainya. Oleh karena itu, Cloud Computing merupakan infrastruktur digital utama dalam mendukung implementasi industri 4.0" paparnya. 

“Kehadiran revolusi industri 4.0 semakin lama semakin terlihat, dan perubahannya sudah terlihat, ini bisa disebut sebagai distrupsi di era digital. Bagi industri yang sudah 3.0, ini merupakan langkah lanjutan. Bagi yang lain ini merupakan lompatan, karena revolusi industri 4.0 memungkinkan terjadinya loncatan, di mana tidak dimungkinkan terjadi di revolusi industri 2 ataupun 3,” tambah Airlangga. 

Sementara itu Alex Budiyanto yang merupakan Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya acara "Making Indonesia 4.0 Conference" yang bertemakan "Menyiapkan Industri Indonesia di Era Industri 4.0" kali ini adalah untuk mengenalkan Cloud Computing sebagai infrastruktur utama di era industri 4.0 kepada para pelaku industri. "Kami sangat senang sekali bisa bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian untuk mengadakan acara ini, semoga dengan acara ini para pelaku industri paham apa manfaat dari Cloud Computing untuk membantu proses transformasi ke era industri 4.0" ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Dewan Teknologi Informasi Komunikasi Nasional (Wantiknas), Ilham Akbar Habibie menjelaskan Indonesia harus mengambil peluang atau kesempatan di era revolusi industri 4.0 yang ditopang oleh digilitalisasi teknologi atau tranformasi digital. Untuk meraih peluang tersebut dibutuhkan infrastruktur pendukung seperti Cloud Computing.

Digitalisasi atau tranformasi digital akan terjadi di seluruh sektor yang akan berdampak pada perubahan proses, penggunaan aset, dan tenaga kerja. “Kita harus berfikiran terbuka dalam mengantisipasi revolusi industri 4.0 agar era itu dapat dimanfaatkan untuk menciptakan jutaan lapangan kerja dan menjadi lompatan besar bagi ekonomi Indonesia,” paparnya


Penulis

Asosiasi Cloud Computing Indonesia

ACCI yang mempunyai kepanjangan Asosiasi Cloud Computing Indonesia adalah sebuah organisasi non-profit yang diharapkan akan mampu menselaraskan perkembangan teknologi Cloud Computing serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan industri.